Kamis, 16 Desember 2010

kawah ijen dan api birunya


Kawah ijen adalah kawah terbesar di pulau jawa,dan terdapat tambang sulfur 200 meter di dalam kawah dan di perkirakan mengandung sulfur sekitar 36 juta kubic meter. Terdapat berbagai macam warna dan ukuran sulfur di sekitar, asap dan bau sulfur sering kali sangat pekat dan tebal.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2600 meter di atas permukaan air laut, Untuk mencapai gunung Ijen dari Banyuwangi, kami menyediakan armada khusus mobil Land Rover dan kendaraan 4x4 lainnya, di karenakan rute yang terjal dan mendaki hanya dapat di lalui dengan kendaraan 4x4. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata OSING dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen.

Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajad. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

Setelah beritirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.



Belerang cair yang membara di alirkan melalui pipa batu dan keramik dari gunung berapi menjadi cairan, lalu di simpan untuk di dinginkan dan mengeras untuk pengambilan nanti yang akan di bawa ke timbangan untuk di proses .



Api berwarna biru sangat indah yang muncul di beberapa tempat sekitar penambangan belerang kawah ijen. Api ini hanya bisa terlihat ketika langit masih gelap........




0 komentar:

Posting Komentar